Senin, 26 Desember 2011

Wow.. Mencari Alien Lewat Lampu Kota

Bagaimana caranya menemukan kota di sebuah planet yang jauh? Demi menemukan kehidupan di planet lain, para ahli astronomi telah memburu sinyal radio sampai gelombang laser super-pendek.
Avi Loeb dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics dan Edwin Turner dari Princeton University, menyarankan cara baru untuk menemukan alien yaitu dengan cara ‘mencari’ lampu-lampu kota mereka.
“Mencari kota tempat tinggal alien memang sangat beresiko, tapi tidak membutuhkan sumber daya tambahan. Kalau sukses, ini akan mengubah cara kita memandang dunia,” kata Loeb, seperti dilansir melalui Machinelikeus.
Seperti metode SETI yang lain, cara ini bergantung pada asumsi bahwa alien menggunakan teknologi mirip Bumi. Ini wajar karena setiap mahluk berakal yang berevolusi dalam cahaya dari bintang terdekat cenderung mempunyai cahaya buatan yang menyala ketika gelap (malam).
Loeb dan Turner memperhitungkan kemampuan teleskop terbaik saat ini mestinya dapat digunakan untuk melihat cahaya yang dihasilkan metropolis seukuran Tokyo pada jarak sejauh Sabuk Kuiper (wilayah yang ditempati Pluto, Eris, dan ribuan bintang es yang lebih kecil).
Sementara mencari dengan cara tersebut, para ahli astronomi dapat mengasah teknik itu dan bersiap menerapkannya pada suatu ketika planet seukuran Bumi ditemukan di antara bintang-bintang galaksi kita.
“Tidak mungkin menemukan keberadaan kota alien di ujung sistem tata surya kita, tetapi prinsip ilmu pengetahuan adalah menemukan suatu metode untuk memastikan,” kata Turner.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More